POWER GENERATION CLASS

MATERI PEMBELAJARAN LISTRIK "SEMANGAT DALAM BELAJAR"
Selamat Datang Di WebBlog "Power Generation Class"


DOWNLOAD SOFTWARE KONTROL INSTALASI GEDUNG
technoku_2@yahoo.co.id

Kamis, 08 Januari 2009

Jenis - Jenis Kabel

Beberapa Jenis - Jenis Kabel


Ø Kabel NYA

Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus.

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Ø Kabel NYM

Kabel NYM memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

Ø Kabel NYAF

Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi.

kabel NYAF




Ø Kabel NYY

Kabel NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

Ø Kabbel NYFGbY

Kabel NYFGbY ini digunakan untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan di dalam saluran-saluran dan pada tempat-tempat yang terbuka dimana perlindungan terhadap gangguan mekanis dibutuhkan, atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan.


Ø Kabel ACSR

Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja.Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.


Ø Kabel AAAC

Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.



Ø Kabel ACAR

Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.







Ø Kabel BC


Kabel ini dipilin/stranded, disatukan.

Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm2 / 500 V

Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan


14 komentar:

ENDA mengatakan...

aLhamduLiLLah,...
ini dia yg dicari-cari...

makasi banyak mas,,postingannya sangat berarti bagi saya...(by : enda)

Unknown mengatakan...

ijin copas gannn....[URL=http://www.laymark.com][img]http://www.laymark.com/i/m/m087.gif[/img][/url]

yanuar mengatakan...

tq
moga dberi kelancaran n kesuksesan

Estika YB Metalurgi 93 mengatakan...

matur nuwun mas,sanagt informatif sehingga membantu saya. oya mas, kalo kabel untuk grounding ada gak yang heat resisntance, soale dipasang dekat mesin.

fiqri mengatakan...

bisa tampilkan yang lebih dri itu gx?????

febriansasi mengatakan...

Ijin kopi ya mas, kebetulan saya orang stroom jadi sekalian aja buat nambah koleksi artikel. Tetap link asli dari sini saya sertakan.

Pratama.blogspot.com mengatakan...

boss,apa code jenis kabel untuk wiring panel control?
trims


Pratama rahmat

trianto mengatakan...

trimz broww...ats postingannya smg bs mnambah pngetahuanq nh....

moslemcorp mengatakan...

Wow keren banget....

football firstSeconds mengatakan...

thanks gan.. Sdikit membantu .. Harganya yang Terupdate dimana yah..

football firstSeconds mengatakan...

jawab d0nk..

football firstSeconds mengatakan...

ahh lamaaa...

maGnesia mengatakan...

bisa jelasin lebih rinci gag soal kabel NYA

Rahmad Azly mengatakan...

Penjelasan artikel yang bermanfaat, mudah difahami dan lengkap, semoga terus berkarya dan sukses selalu, memberi manfaat pada banyak orang

Thanks

IP Browser

Album Kita